Berita

Simulasi
Investasi

Gelar Acara Global Market Outlook 2024, BRI-MI Gandeng Fisher Investments Bahas Proyeksi Investasi

Gelar Acara Global Market Outlook 2024, BRI-MI Gandeng Fisher Investments Bahas Proyeksi Investasi

Jakarta - PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) bekerjasama dengan Fisher Investments mengadakan acara Market Outlook dengan mengusung tema Global Economic Outlook 2024. Institutional Director Fisher Investments, Benjamin Kothe hadir mewakili Fisher Investments bersama dengan Head of Parthership Distribution BRI-MI, Edward Narodo untuk memaparkan proyeksi Investasi dan ekonomi global di tahun 2024.

Sebagai informasi, Fisher Investments merupakan konsultan keuangan yang bekerjasama dengan BRI-MI sebagai penasihat Investasi (technical advisor) untuk produk Reksa dana BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar. Berdiri sejak 1979, Fisher Investments hadir dengan menyediakan layanan manajemen investasi kepada individu dan lembaga di seluruh dunia dengan fokus utama pada strategi investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Benjamin Kothe, dalam pemaparannya mengatakan bahwa Global Market di tahun 2024 saat ini sudah memasuki tahun ke-2 fase Bull Market (Young Bull) dimana secara historis, umumnya kondisi Bull Market bisa bertahan hingga 5 (lima) tahun.

“Kami melihat sentimen investor global saat ini sudah tidak berada di level pesimis terhadap kondisi pasar global, namun berada di level skeptis, dimana investor saat ini secara hati-hati mulai mempertimbangkan kembali untuk berinvestasi. Kondisi seperti ini dapat berpontesi untuk memberikan kejutan secara positif bagi investor” ujar Kothe.

Dari sisi pendekatan investasi, ia juga menambahkan bahwa Fisher Investments mengedepankan pendekatan khusus, dimana mereka mempertimbangkan kondisi makro suatu negara sebelum memulai untuk masuk berinvestasi, sehingga dapat mengendalikan risiko bagi para investor Fisher Investments.

“Kami meyakini bahwa pendekatan Top-down investment process dengan memperhatikan faktor-faktor makro lebih memberikan potensi untuk imbal hasil (portfolio return) yang optimal dan pengendalian risiko yang lebih terukur, dibandingkan dengan faktor pemilihan saham-saham tertentu, hal ini yang membedakan Fisher Investments dengan kompetitor lainnya” ujar Kothe.

Sebagai penasehat investasi, Fisher Investments sendiri telah memberikan kontribusi positif dalam kerjasama dengan BRI-MI melalui produk BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar. Pada November 2023 hingga Februari 2024, produk BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar telah berhasil catatkan kinerja pertumbuhan AUM sebesar 13.57% atau sebesar Rpxx

Mengenal Produk Reksa Dana BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar

Reksa Dana G20 Sharia Equity Fund Dollar merupakan Reksa dana dengan denominasi Dolar yang bertujuan memperoleh pendapatan yang optimal dalam mata uang Dolar Amerika Serikat. Reksa dana BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar menyasar investor ritel dan institusi yang memiliki eksposur di dolar AS dan menginginkan imbal hasil optimal dalam jangka panjang.

Diwawacara secara terpisah, Ira Irmalia Sjam, PLT Direktur Utama BRI-MI mengatakan Produk Reksa dana BRI G20 Sharia Equity Fund Dollar diformulasikan dan dikelola oleh profesional yang berpengalaman dengan tujuan untuk memberikan imbal hasil investasi optimal berdasarkan risk-adjusted return dalam setiap produk yang dikelola bagi nasabah.

“Reksa dana Dolar AS merupakan salah satu instrumen investasi Reksa dana yang menarik sebagai diversifikasi investasi nasabah, dengan tujuan untuk hasil optimal dalam bentuk Dolar AS. Sebagai contoh, Reksa dana saham dengan mata uang Dolar memiliki potensi keuntungan dari pergerakan pasar dan akses kepada saham global. Selain itu, untuk investor yang memegang Rupiah, potensi keuntungan juga datang dari faktor nilai tukar” ujar Ira.

Sebagai informasi tambahan, selain pencapaian kinerja produk, pada tahun 2023 PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) raih penghargaan di acara Investment Manager Awards 2023 sebagai Manajer Investasi Terbaik untuk Kategori Pendapatan Tetap USD, periode 3 tahun dan Manajer Investasi Terbaik Kategori Saham USD, Periode 3 Tahun.

Tentang BRI Manajemen Investasi (BRI-MI)

PT BRI Manajemen Investasi (sebelumnya PT Danareksa Investment Management) atau BRI-MI, merupakan pelopor industri reksadana pertama di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1992. Pada tahun 2022 BRI-MI resmi menjadi anak perusahaan Bank BRI. BRI-MI merupakan manajer investasi terkemuka yang berpengalaman dan terpercaya selama yang hadir untuk memenuhi kebutuhan investasi Masyarakat Indonesia.

04 Maret 2024
Simulasi
Investasi
DISCLAIMER COPYRIGHT 2012 BRI-MI All Rights RESERVED|
PT BRI Manajemen Investasi Berizin dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan | DISCLAIMER